Cara Flash Vivo Y15 via SP Flashtool, Berhasil Atasi Bootloop/Matot!

CaraFlash.net – Apakah ponsel Vivo Y15 anda mengalami bootloop atau stuck di logo? Apakah hp Vivo Y15 anda sering error seperti habg, lemot ataupun terkena virus?

Jika demikian, maka anda perlu melakukan flashing ulang firmware Vivo Y15. Dengan cara flash Vivo Y15, maka akan bisa mengatasi semua masalah seperti bootloop (stuck di logo vivo), mati total, hardbrick, lupa pola, ponsel Vivo Y15 terkena virus dan lain sebagainya.

Disini saya akan menjelaskan panduan cara flash Vivo Y15 via SP Flashtool.

Apa itu SP Flashtool. Smart Phone Flashtool adalah sebuah software/tools yang digunakan untuk mengganti atau mengupdate firmware sebuah ponsel yang berchipset Mediatek.

SP Flashtool biasa digunakan untuk Custom Recovery, flashing stock ROM firmware dan mengatasi berbagai masalah seperti matot, bootloop, hardbrick, lupa pola, dan lain sebagainya.

Cara flash Vivo Y15 via SP Flashtool ini memerlukan PC/komputer, karena software ini hanya tersedia untuk PC Windows dan Linux. Cara flashing hp Vivo Y15 bukanlah hal yang sulit.

Saya yakin seorang pemula pun bisa mengikuti cara flash ulang Vivo Y15 via SP Flashtool di bawah ini dengan mudah jika mengikuti tutorial dengan seksama.

Sebelum memulai proses flashing firmware Vivo Y15, sebaiknya anda melakukan backup data terlebih dahulu. Karena proses flash Vivo Y15 ini akan menghapus seluruh data di memori internal.

Cara Flash Vivo Y15 via SP Flashtool

Persiapan Sebelum Flashing Vivo Y15

  1. Pastikan daya baterai minimal 50%
  2. Siapkan PC/komputer & kabel USB
  3. Download SP Flashtool
  4. Download USB Driver Mediatek (55 MB)
  5. Download Firmware Vivo Y15 (1.05 GB)

Tahap Flashing Vivo Y15 via SP Flashtool

  • Silahkan download terlebih dahulu bahan-bahan untuk flashing di atas, seperti USB Driver, SP Flashtool dan firmware Vivo Y15.
  • Ekstrak semua file yang sudah anda download di atas.
  • Install USB Driver pada PC/komputer anda. Lewati langkah ini jika sebelumnya anda sudah menginstall USB Driver.
  • Sekarang buka folder SP Flastool yang sudah diekstrak tadi, cari file flash_tool.exe dan jalankan dengan cara klik kanan > Run as Administrator.
Cara Flash Vivo Y15 Dengan PC
  • Setelah SP Flashtool terbuka, silahkan klik Scatter-loading dan arahkan ke folder firmware Vivo Y15 yang sudah diekstrak tadi, kemudian cari file MT6582_Android_Scatter dan klik Open.
Cara Flash Vivo Y15 via SP Flashtool
  • Tunggu sampai file scatter berhasil termuat seperti gambar di bawah ini. Pastikan pengaturannya pilih Download Only dan semua opsi sudah dicentang.
  • Selanjutnya klik Download untuk memulai proses flash Vivo Y15 via SP Flashtool.
  • Sekarang matikan ponsel Vivo Y15 anda. Jika perlu copot baterainya dan pasang kembali.
  • Kemudian sambungkan ponsel Vivo Y15 dalam keadaan mati ke PC/komputer dengan kabel USB.
  • Jika proses koneksi antara ponsel Vivo Y15 dengan PC terlalu lama, anda bisa menekan volume up atau volume down untuk mempercepatnya.
  • Jika ponsel berhasil terhubung ke PC, maka secara otomatis proses flashing akan berjalan.
  • Tunggu sampai proses flashing firmware Vivo Y15 selesai. Jika sudah selesai akan muncul tanda centang seperti gambar di bawah ini.
Cara Flash Vivo Y15 bootloop 100% berhasil
  • Selesai. Kini ponsel Vivo Y15 anda sudah berhasil diflash dengan sukses.

Semoga dengan melakukan flash ulang Vivo Y15 via SP Flashtool ini, akan bisa mengatasi masalah seperti hp Vivo Y15 bootloop, mati total, lupa pola dan menghilangkan virus.

Jika anda mengalami kendala saat flash Vivo Y15, silahkan bertanya di komentar.

Semoga artikel tentang cara flash Vivo Y15 via SP Flashtool ini bisa membantu anda. Share jika menurut anda artikel ini bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. riki berkata:

    Alhamdulillah Terimakasih Gan hp saya kembali normal lagi , Saya sudah coba di beberapa situs web tapi gagal ,tapi yang ini tidak, terimakasih gan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *