Cara Flash Oppo Neo 3 R831K via SD Card, Tanpa PC (Tested 100% Work)

Kali ini CaraFlash.net akan membagikan tutorial cara flash Oppo Neo 3 R831K via SD Card. Cara ini lebih mudah dan simple ketimbang cara flash via SP Flashtool yang harus menggunakan PC/Laptop yang tidak semua orang punya.

Cara flash oppo neo 3 R831K tanpa PC ini relatif lebih simple karena hanya membutuhkan memori eksternal atau SD Card saja. Tak perlu menggunakan PC ataupun software SP Flashtool karena cara flash Oppo R831K via SD Card ini memanfaatkan fitur mode Recovery bawaan.

Jika anda mengalami masalah di hp Oppo seperti lupa pola/password, hp Oppo R831K stuck di logo/bootloop, sering hang atau bahkan mati total (matot), maka sudah waktunya untuk install ulang firmware oppo anda.

Flashing atau install ulang akan memperbaiki kerusakan umum pada hp Oppo anda. Tapi flash hp Oppo memiliki resiko, yaitu semua data anda di memori internal akan hilang.

Jadi pastikan anda melakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakukan flash Oppo R831K via SD Card ini ya.

Cara yang saya bagikan dalam artikel ini sangat aman, karena menggunakan firmware/stock rom asli/resmi dari Oppo.

Jadi tidak akan menghilangkan garansi jika masa garansi masih ada.

Oke, kita mulai saja tutorial flash hp Oppo via SD Card.

Cara Flash Oppo Neo 3 R831K Tanpa PC (Via SD Card)

Persiapan Sebelum Flash Oppo R831K Tanpa PC

  1. Sebelum memulai, silahkan unduh firmware Oppo Neo 3 R831K terlebih dulu. Link download di sini: Firmware Oppo Neo 3 R831K (R831K_11.A.17_OTA_INT_017_all_151229) – (Ukuran file: 563,39 MB, Sumber: Oppo.com)
  2. Setelah selesai mengunduh firmware Oppo Neo 3 anda, silahkan pindah firmware tersebut ke SD Card (jangan letakkan di dalam folder).

Langkah Flashing Oppo Neo 3 via SD Card

1. Pertama matikan hp Oppo Neo 3 R831K anda. Jika hp Oppo dalam keadaan bootloop, anda harus mencopot baterai terlebih dahulu, lalu pasang lagi baterainya.

2. Langkah kedua yaitu masuk ke recovery mode. Caranya tekan Volume Down + Tombol Power secara bersama-sama sampai muncul logo Oppo dan ada tulisan Recoery Mode yang berada di pojok kiri bawah.

3. Setelah masuk ke recovery mode, pilih bahasa yang ingin digunakan. Agar kebih mudah pilih bahasa English.

Cara Flash Oppo R831K via Recovery Mode

Catatan: Anda bisa memilih menggunakan layar sentuh, karena fitur recovery mode Oppo sudah mendukung touchscreen. Tapi dalam beberapa kasus, touchscreen tidak bisa digunakan dalam mode recovery ini, solusinya anda bisa menggunakan tombol volume atas/bawah untuk navigasi dan tombol power untuk memilih.

4. Setelah memilih bahasa, kemudian pilih “Wipe data and Cache“.

Cara Flash Oppo Neo 3 R831K via SD Card

5. Lalu akan muncul peringatan “Your cache and data will be wiped, this operation cannot be restored“, selanjutnya tekan “Yes“. Tunggu proses wipe data sampai selesai. Ini bertujuan untuk membersihkan semua data dan cache agar proses flashing berjalan lancar.

Wipe data and cache Oppo Neo 3 R831K

6. Kemudian pilih “Install from SD“.

Flash Oppo R831K via Memori Eksternal

7. Selanjutnya cari firmware yang sebelumnya sudah diletakkan di SD Card, setelah ketemu pilih firmware dan tekan “Yes“. Saya yakin anda gak perlu nyari, karna firmware akan langsung ketemu kok.

8. Proses flash Oppo Neo 3 akan berjalan. Tunggu saja beberapa menit sampai proses install ulang selesai.

9. Jika proses flash sudah selesai, tekan “Reboot” untuk melakukan booting pada Oppo Neo 3 R831K anda.

10. Tunggu sampai proses booting selesai, biasanya membutuhkan waktu beberapa menit.

11. Selesai. Kini Oppo Neo 3 anda sudah bisa digunakan.

Nah itulah tutorial cara flash Oppo R831K tanpa PC yang 100% berhasil. Cara ini sudah saya uji, jadi jangan khawatir gagal.

Tapi ada beberapa kasus flashing via SD Card ada yang gagal. Solusinya anda bisa baca cara flash Oppo Neo 3 R831K Dengan SP Flashtool (ini harus pake PC/Komputer).

Jika misalnya bootloop tidak juga hilang, berarti ada masalah di bagian IC EMMC nya. Jika saat “Wipe cache and data” muncul tulisan “failed“, berarti IC EMMC nya bermasalah gan.

Solusi lain bisa coba flash menggunakan SP Flashtool, kalau masih gagal berarti IC EMMC memang sudah rusak.

Jika ada pertayaan silahkan bertanya di komentar. Jangan lupa share artikel ini ke teman atau kerabat anda yang sedang mengalami masalah pada hp Oppo nya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *