Cara Flash Oppo Neo 3 R831K Mati Total/Bootloop Dengan SP Flashtool

7

Pernahkah anda mengalami ponsel Oppo Neo 3 R831K yang tidak bisa nyala, lupa pola,  hang, lemot, stuck di logo (bootloop) bahkan mati total (matot)?

Jika sekarang hp Oppo Neo 3 R831K anda mengalami hal tersebut, maka anda harus melakukan flashing untuk mengatasi bootloop/matot di Oppo Neo 3 yang menggunakan chipset Mediatek ini.

Flash Oppo Neo 3 R831K ini juga bisa mengatasi masalah hp yang sering restart sendiri, ataupun hp yang sering hang dan lemot maupun terserang malware/virus yang tidak bisa dihapus secara manual kecuali dengan flashing.

Nah dalam artikel ini CaraFlash.net akan berbagi mengenai tutorial flash Oppo Neo 3 R831K Mediatek menggunakan software SP Flashtool. Jadi pastikan anda punya laptop/PC/komputer agar bisa flash Oppo Neo 3 R831K dengan SP Flashtool.

Sebenarnya flashing adalah jalan terakhir jika cara-cara seperti hard reset tidak mempan mengatasi Oppo Neo 3 R831K yang bermasalah.

Flashing juga bisa menghapus seluruh data yang ada di ponsel anda, jadi jika memungkinkan silahkan backup data-data penting terlebih dahulu sebelum memulai flashing Oppo Neo 3 dengan SP Flash Tool.

Oke, tak perlu berlama-lama, mari simak cara flash Oppo Neo 3 R831K lewat PC berikut ini.

Cara Flash Oppo Neo 3 R831K Via PC Dengan SP Flash Tool

Persiapan

  • Sebelum memulai, alangkah baiknya pastikan daya baterai lebih dari 40%. Kalau bisa diatas 70%. Ini bertujuan agar daya baterai tidak habis jika (misalnya) proses flashing memakan waktu lama.

Bahan Flashing Yang Dibutuhkan

  1. Firmware Oppo Neo 3 R831K. Silahkan download disini (Direct download, ukuran 569,47 MB. Password: oppo1
  2. Software: SP Flash Tool (Silahkan pilih yang versi terbaru). Dalam artikel ini saya menggunakan SP Flashtool versi 5.1444, jadi agak beda tampilannya dengan versi terbaru. Tapi intinya tetep sama kok.
  3. USB Driver MT65xx
  4. Kabel USB
  5. PC/Laptop Windows

Tutorial Flash Oppo Neo 3 R831K Via PC Menggunakan SP Flash Tool

1. Setelah mengunduh bahan-bahan nya, silahkan ekstrak file firmware stockrom, install USB driver nya dan jangan lupa untuk menginstall software SP Flash Tool nya.

2. Setelah diekstrak, silahkan buka folder Flashtool dan cari file flash_tool.exe. Kemudian klik kanan dan pilih Run as Administrator untuk membukanya.

Jalankan Software SP Flashtool

3. Setelah software SP Flash Tool terbuka, silahkan klik tab Download Agent yang berada di kanan atas. Selanjutnya akan muncul jendela baru, lalu pilih MTK All in One dan klik Open.

Cara Flash Oppo Neo 3 R831K via PC

4. Kemudian klik tab Scatter-loading, kemudian pilih file scatter (pilih file yang terdapat kata Android_scatter) yang terdapat dalam folder firmware yang sudah diekstrak tadi, lalu klik Open.

Cara Flash Oppo Neo 3 R831K Dengan SP Flashtool

5. Selanjutnya hilangkan centang pada opsi PRELOADER dan UBOOT (jika HP Oppo Neo 3 R831K anda masih bisa nyala walaupun mengalami hang, lupa pola/kata sandi, lemot, bootloop, dll).

Tetapi, jika ponsel Oppo Neo 3 R831K sudah mati total alias matot, maka opsi PRELOADER dan UBOOT ini wajib dicentang.

Tutorial Flash Oppo Neo 3 R831K Yang Bootloop

6. Nah selanjutnya untuk melakukan flashing Oppo Neo 3 R831K, klik tombol Download (icon panah ijo kebawah) yang berada di pojok kiri atas.

Flashing Oppo Neo R831K

7. Selanjutnya matikan hp Oppo Neo 3 R831K anda.

  • Jika baterai terpasang, langsung hubungkan HP ke PC dengan kabel USB tanpa menekan tombol apapun. Komputer akan mengenali device secara otomatis.
  • Jika tanpa baterai, silahkan colok hp Oppo Neo 3 R831K ke PC dengan kabel USB sambil menekan tombol volume Up sampai notif instalasi driver muncul di layar PC.

8. Setelah mencolokkan hp ke PC, maka akan muncul notifikasi install driver, arahkan saja ke folder MT65xx USB Driver yang sebelumnya sudah diunduh. (Saya anggap anda sudah bisa install driver sendiri ya).

9. Jika driver sudah berhasil terinstall, maka akan muncul bar warna kuning di bagian bawah yang menandakan proses flashing sedang berjalan.

Cara Flashing Oppo Neo 3 R831K Dengan PC

Jika misalnya prosentase nya stuck/tidak berjalan/macet, maka ulangi saja proses nomer 8. Jika masih stuck, cek pada Device Manager, cari driver nya dan jika ada tanda pentung warna kuning di USB Oppo, maka anda harus update driver tersebut secara manual dan arahkan ke folder MT65xx tadi.

10. Tunggu proses flashing sampai selesai. Agar lebih cepat, silahkan tutp semua aplikasi/software di PC anda dan biarkan SP Flash Tool saja yang berjalan, agar proses flashing bisa cepat dan tidak lemot.

11. Jika proses flashing berhasil,makan muncul notifikasi seperti gambar di bawah ini.

Flash Oppo Neo 3 R831K Berhasil

12. Selanjutnya cabut kabel USB dr PC, kemudian hidupkan ponsel Oppo Neo 3 anda. Proses booting butuh waktu agak lama, karena ponsel sedang menyesuaikan dengan ROM baru.

13. Setelah ponsel menyala, anda bisa melakukan setting akun gmail, wifi, bahasa, dll. Selesai.

Penutup

Nah itulah cara ampuh untuk mengatasi Oppo Neo 3 R831K bootloop, lupa pola, hang, lemot ataupun mati total dengan cara Flashing menggunakan SP Flash Tool lewat PC.

Jika cara diatas tidak berhasil, anda bisa mencoba cara flash Oppo R831K via SD Card ini.

Jika menurut anda artikel ini berguna, silahkan share kepada teman anda yang ingin flash Oppo Neo 3 R831K nya.

Jika ada yang mau ditanyakan silahkan berkomentar.

You might also like
7 Comments
  1. Aven says

    HH kondisi matot.
    Flash berhasil sukses sampai OK.
    Kemudian HH saya coba hidupkan ternyat hanya getar saja.
    Apa yg mesti saya lakukan Master ?

    1. Jonathan Kevin says

      coba flash via SD Card aja bro.. atau ganti dng firmware yg lain.

  2. Blackfred says

    MTK ALL IN ONE nya gak ada di folder om.
    Mohon petunjuk

  3. BNJ Sablon says

    kasus hp cuman getar tp tetep gagal booting ,, mentok di logo

  4. darno teknisi says

    trimakasih bos penjelasanya

  5. Bob says

    Gan password rar nya gimana ya
    Tolong di bantu ???

    1. Jonathan Kevin says

      password: oppo1

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More